Advokasi Media
Oleh Tresna Galih - Kepala Departement Kominfo BEM UNJ 2017
Advokasi
Advokasi adalah (pembelaan) aksi yang strategis dan terpadu, oleh perorangan atau kelompok masyarakat untuk memasukkan suatu masalah ke dalam agenda kebijakan, dan mengontrol para pengambil keputusan untuk mengupayakan solusi bagi masalah tersebut sekaligus membangun basis dukungan bagi penegakan dan penerapan kebijakan publik yang di buat untuk mengatasi masalah tersebut. (Manual Advokasi Kebijakan Strategis, IDEA, Juli 2003)
Inisiatif untuk melakukan advokasi perlu diorganisir, digagas secara strategis, didukung informasi, komunikasi, pendekatan, serta mobilisasi (MargaretSchuler, Human Right Manual)
Media
Menurut KBBI, Media adalah Alat (sarana, perantara) komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk yang terletak di antara dua pihak (orang, golongan, dan sebagainya) untuk menyampaikan informasi. Dalam lingkup kampus, contohnya advokat dan mahasiswa.
Advokasi Media
Berbicara tentang komunikasi efektif dan penyampaian pesan, maka media merupakan salah satu sarana vital advokasi. Penggunaan media massa secara terstruktur yang mengubah kebijakan secara luas, karena media massa merupakan wahana yang paling efektif untuk mengkomunikasikan pesan dan mempengaruhi sejumlah besar orang dalam waktu yang cukup singkat.
Contohnya peran media, berita dari Christchurch, New Zealand pada 15 Maret 2019 yang tersebar secara cepat dan luas. Tetapi, bagaimana kita menanggapi informasi tersebut bergantung pada pandangan masing-masing individu
Tujuan Advokasi Media
:
• Alat politik
• Membentuk persepsi kelompok
• Mobilisasi masa
• Isu Publik
• Mendiskreditkan pendapat seorang tokoh
• Mengajukan suara/pendapat
LANGKAH-LANGKAH ADVOKASI MEDIA
• Manajemen Isu/Project
•Memastikan tujuan komunikasi media mendorong ke arah perubahan kebijakan
• Analisa segmentasi target audiens
• Memformulasikan strategi
• Memilih media dan teknik yang tepat
• Merencanakan akses ke media
• Menjadwalkan aktivitas
• Mengembangkan Pesan Kunci
• Menyampaikan Pesan
• Monitoring dan Evaluasi
TARGET SASARAN ADVOKASI MEDIA
- • Target sasaran primer : Perorangan, kelompok, stackholder
- • Target sasaran sekunder : Individu/kelompok yang dapat Dimobilisasi untuk memberikan tekanan/pressure pada pembuat keputusan
- • Target tersier : masyarakat umum
PENGEMBANGAN STRATEGI
(Dalam)
- Resources: Apa yang kita punya? (eg: data, jaringan, channel ke pembuat kebijakan/keputusan)
- Gaps: Apa yang kita belum punya?
- First Effort: Darimana dan bagaimana kitabmemulai?
- Evaluation: Bagaimana kita mengukur keberhasilan kita?
(Luar)
- Objective: Apa yang kita mau capai?
- Audience: Siapa yang dapat memberikan keinginan kita?
- Message: Apa yang ingin mereka dengar?
- Messenger: Dari siapa mereka inginvmendengar itu?
- Delivery: Dengan cara bagaimana agar
- mereka mendengar kita?
- Timing: Kapan mereka ingin dengar kita?
PITCHING
- Meyakinkan media bahwa organisasi anda dapat dipercaya
- Meyakinkan media bahwa berita yang anda sampaikan mempunyai nilai jurnalistik yang tinggi
- Bungkus pesan/berita yang ingin anda sampaikan dengan benar
PESAN KUNCI
Advokasi Media
Struktur Pesan Advokasi
- Strong statement
- Supported by evidence
- Provide example
- Aksi yang diharapkan
Elemen utama dari Pesan Kunci:
- Fokus
- Singkat
- Bahasa yang baik
- Konsisten
- Timing
- Credible messenge
Salah satu peran advokasi media adalah untuk pencerdasan
https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/index.php/2016/10/15/ini-dia-pentahapan-pemilihan-pimpinan-ptn-yang-wajib-ditaati/
#FMIPA
#UNJ
#PAMUNJ2019
#RaisingNewAdvocateOfMovement
Tidak ada komentar:
Posting Komentar